cara mengatasi printer yang tintanya macet

Posted: Oktober 14, 2011 in Software & Otomotif

Cara Memperbaiki printer yang Tintanya Macet
Ada berbagai masalah yang tidak jarang menghambat proses pencetakan anda. Mulai dari tinta yang tidak keluar, kertas yang tersangkut, sampai hasil cetak yang tidak sesuai. Karena itu, sebelum anda mengambil langkah mandiri untuk memperbaiki printer dan masalahnya, ada baiknya jika nada membaca manual book-nya sebelum menggunakan printer atau sebelum anda mengambil tindakan jika mengalami hal-hal tersebut. Jangan menganggap semua printer memiliki sistem kerja yang sama.
Untuk beberapa masalah, masing-masing printer memiliki solusi berbeda-beda. Dan jika masalah yang dihadapi terlalu sulit atau tidak anda mengerti, sebaiknya jangan mengambil tindakan gegabah. Segera saja hubungi pusat layanan printer anda. Membeli printer dengan purna jual yang baik sangat penting. Sebab tidak semua masalah pada printer dapat ditangani dengan manual. Ada beberapa masalah yang memerlukan perangkat khusus, sehingga harus dilakukan di tempat yang khusus pula.
Masalah pada Head Printer!
Hasil cetak printer InkJet berwarna anda menunjukkan garis-garis horisontal? Padahal anda sudah membersihkannya melalui software. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan head printer anda tersumbat.
Jika mengalami hal ini, anda tidak perlu khawatir. Untuk membersihkannya, keluarkan cartridge dari printer. Kemudian siramlah printhead tersebut sekitar 20 detik lamanya dengan aliran air yang kecil. Kemudian keringkan dengan menekankan tisu pada printhead dengan hati-hati. Setelah itu, pasang kembali cartridge dan bersihkan dengan menggunakan printer software.
Paper Jam!
Pernahkah anda mengalami masalah paper jam pada printer? Apakah itu paper jam? Paper Jam adalah istilah untuk kertas macet pada printer ketika sedang melakukan pencetakan. Masalah ini timbul biasanya karena disebabkan oleh roller printer yang sudah aus. Atau bisa juga dikarenakan anda terlalu banyak menumpuk kertas yang akan dicetak pada paper tray printer.
Untuk mencegah hal ini, yang bisa anda lakukan adalah:
Batasi jumlah kertas yang ditumpuk pada paper tray printer anda. Sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki.
Jagalah kebersihan printer anda dari segala kotoran dan debu.
jika kertas sudah terlanjur macet pada printer, bukalah tuas pada printer, kemudian tarik kertas yang macet secara perlahan.
Awas! Virus Komputer Lumpuhkan Printer!
Kejadian ini dapat dialami siapa saja, dimana shared printer tidak dapat melakukan printing. Hingga dokumen dibawa langsung di server tempat printer tersebut terpasang untuk melakukan printing dan selalu “Error-Printing”.
Ada contoh kasus pada seorang pengguna komputer. Ia menuturkan, kantor tempatnya bekerja bahkan rela membeli printer baru karena mengira masalahnya terletak pada printer yang lama. Namun ternyata setelah itu sama saja. Awalnya terdeteksi, tapi setelah itu tidak dapat melakukan printing kembali. Jadi printer baru tersebut akhirnya tidak bisa digunakan sama sekali.
Sebenarnya itu adalah sebentuk virus atau program jahat yang menyerang komputer. Menurut pantauan terakhir, virus yang kemungkinan besar menyerang dan melumpuhkan printer itu adalah virus dengan nama W32/VBTroj.FJA. Maka, sebaiknya para pengguna komputer yang juga menggunakan printer, menggunakan software anti virus dengan database terbaru untuk dan membasmi virus tersebut.
Jadi anda jangan langsung memvonis kesalahan yang terjadi ketika printer tidak dapat berfungsi merupakan murni kesalahan dari printer anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s