Konsep Dasar Pemrograman Visual Basic 6

1.1 Konsep pemrograman komputer

Sebelum kita mulai Visual Basic 6 pemrograman, mari kita memahami beberapa konsep dasar pemrograman. Menurut Webopedia, sebuah program komputer adalah daftar instruksi yang terorganisir, ketika dijalankan, menyebabkan komputer untuk berperilaku dalam cara yang telah ditetapkan. Tanpa program, komputer tidak berguna. Oleh karena itu, pemrograman berarti merancang atau membuat satu set instruksi untuk meminta komputer untuk melaksanakan pekerjaan tertentu yang biasanya sangat jauh lebih cepat daripada manusia dapat lakukan.

Banyak orang berpikir komputer yang sangat cerdas, namun pada kenyataannya itu adalah bodoh dan tidak bisa melakukan apa pun tanpa bantuan manusia. Microchip dari CPU hanya bisa mengerti dua negara listrik yang berbeda, yaitu on dan off negara, atau 0 dan 1 dalam sistem biner. Jadi, CPU hanya memahami suatu kombinasi 0 dan 1 kode, suatu bahasa yang disebut bahasa mesin kita. Bahasa mesin sangat sulit untuk belajar dan tidak bagi kita untuk menguasainya dengan mudah. Untungnya, kami memiliki programmer cerdas yang menulis interpreter dan compiler yang dapat menerjemahkan bahasa manusia-seperti program seperti BASIC ke dalam bahasa mesin sehingga komputer dapat melaksanakan instruksi dimasukkan oleh pengguna. Bahasa mesin yang dikenal sebagai bahasa primitif sementara Interpreter dan compiler seperti Visual Basic disebut bahasa tingkat tinggi. Beberapa bahasa komputer tingkat tinggi Visual Basic samping Fortran, Cobol, Java, C, C + +, Turbo Pascal, dan lain-lain.

1.2 Apa itu Visual Basic?

VISUAL BASIC adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berevolusi dari versi DOS sebelumnya disebut BASIC. DASAR berarti All-tujuan Symbolic Instruction Code Pemula ‘. Ini adalah bahasa pemrograman yang relatif mudah dipelajari. Kode terlihat sangat mirip Bahasa Inggris. Perusahaan perangkat lunak yang berbeda menghasilkan berbagai versi BASIC, seperti Microsoft QBASIC, QuickBasic, GWBASIC, IBM BASICA dan sebagainya. Namun, orang lebih suka menggunakan Microsoft Visual Basic hari ini, karena merupakan bahasa pemrograman dikembangkan dengan baik dan sumber daya yang mendukung yang tersedia di mana-mana. Sekarang, ada banyak versi VB ada di pasar, salah satu yang paling populer dan masih banyak digunakan oleh banyak programmer VB tidak lain dari Visual Basic 6. Kami juga memiliki VB.net, VB2005, VB2008 dan VB2010 terbaru. Kedua VB2008 dan VB2010 sepenuhnya pemrograman berorientasi objek (OOP) bahasa.
VISUAL BASIC adalah Bahasa Pemrograman VISUAL dan acara didorong. Ini adalah perbedaan utama dari BASIC. Dalam BASIC, pemrograman dilakukan dalam lingkungan teks saja dan program ini dijalankan secara berurutan. Dalam VB, pemrograman dilakukan dalam lingkungan grafis. Dalam BASIC, Anda harus menulis kode program untuk setiap objek grafis yang ingin Anda tampilkan pada layar, termasuk posisi dan warnanya. Namun, Dalam VB, Anda hanya perlu drag dan drop objek grafis mana saja di bentuk, dan Anda dapat mengubah warna setiap saat menggunakan jendela properti.

Di sisi lain, karena pengguna dapat mengklik pada objek tertentu secara acak, sehingga setiap objek harus diprogram secara independen untuk dapat menanggapi tindakan-tindakan (kejadian). Oleh karena itu, Program VB terdiri dari subprogram banyak, masing-masing memiliki kode program sendiri, dan masing-masing dapat dijalankan secara independen dan pada saat yang sama masing-masing dapat dihubungkan bersama-sama dalam satu atau lain cara.

1.3 Apa program dapat Anda buat dengan Visual Basic 6?

Dengan VB 6, Anda dapat membuat program apapun tergantung pada tujuan Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang dosen perguruan tinggi atau universitas, Anda dapat membuat program pendidikan untuk mengajar bisnis, ekonomi, teknik, ilmu komputer, akuntansi, manajemen keuangan, sistem informasi dan lebih untuk membuat pengajaran lebih efektif dan menarik. Jika Anda berada dalam bisnis, Anda juga dapat membuat program bisnis seperti sistem manajemen persediaan, point-of-penjualan, sistem penggajian, program keuangan serta program akuntansi untuk membantu mengelola bisnis Anda dan meningkatkan produktivitas. Bagi anda yang suka permainan dan bekerja sebagai programmer game, Anda dapat membuat program-program juga. Memang, tidak ada batas untuk apa program Anda dapat membuat! Ada banyak program seperti dalam tutorial ini, sehingga Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu pada tutorial untuk belajar cara membuat program-program tersebut.

1.4 Visual Basic 6 Integrated Development Environment

Sebelum Anda dapat program di VB 6, Anda perlu menginstal Visual Basic 6 di komputer Anda.

Pada saat sart-up akan ada tampilan seperti Gambar 1.1

Anda dapat memilih untuk memulai sebuah proyek baru, membuka proyek yang ada atau memilih daftar program baru dibuka. Proyek adalah kumpulan file yang membuat aplikasi Anda. Ada berbagai jenis aplikasi yang kita bisa menciptakan, bagaimanapun, kita akan berkonsentrasi pada pembuatan program Standard EXE (EXE berarti program executable). Sekarang, klik pada ikon EXE Standar untuk masuk ke lingkungan yang sebenarnya Visual Basic 6 pemrograman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s