instalasi subwoofer aktif

Dilihat dari proses pemasangannya, ada dua jenis subwoofer, yaitu pasif dan aktif. Subwoofer jenis pertama membutuhkan power amplifier dan boks untuk membuatnya bekerja.

Sementara pada subwoofer pasif, power amplifier dan boksnya sudah menyatu sehingga bisa langsung diaplikasikan ke sistem audio mobil.

“Subwoofer aktif ini sangat cocok bagi orang yang ingin mendapatkan suara bass dengan tetap mengandalkan sistem audio standar mobil,” buka Suryadi Susanto dari Dynamics Auto Sound, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Active subwoofer bisa langsung dihubungkan menggunakan kabel RCA di head unit yang sudah dibekali pre-out. Namun kalau head unit standar mobil tak dilengkapi pre-out, tinggal pasang high to low converter dulu, lalu disambung dengan kabel RCA.

“Memasangnya cepat. Paling lama 1 jam subwoofer aktif sudah bisa berfungsi,” timpal Priyono dari Audio Phile, di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Daya tarik lain subwoofer aktif adalah penempatannya yang mudah. Paling umum subwoofer model ini ditempatkan di kolong jok pengemudi atau penumpang depan.

Ada juga yang meletakkan sub aktif di bagasi mobil. “Bentuknya yang ringkas tak memakan banyak tempat, dan pemasangannya juga tak memerlukan ubahan pada interior,” sambung Suryadi.

Walau ditaruh di kolong bangku atau bagasi, jangan takut subwoofer aktif akan rusak terkena kaki penumpang atau benturan dengan barang bawaan. Ini karena umumnya perangkat ini sudah dibekali bodi cast aluminium atau sudah dibekali pelindung.

Umumnya active subwoofer tersedia dalam dua pilihan ukuran, yaitu diameter 8 inci dan 10 inci. Modelnya beragam, mulai dari tabung, boks, sampai superslim.

Merek yang beredar di pasar antara lain: Pioneer, Alpine, Sony, AVT, ADX, Redbat, Dyna Quest, dan Audiobank. Dan harga yang ditawarkan mulai Rp 1 juta sampai Rp 2,5 juta.

Beberapa pilihan subwoofer aktif

Audiobank AB 69.A8

    • Spesifikasi: 8 inci, power RMS 120 W, frequency response 25-250 Hz, RCA input 100 mV-2V, signal to noise 98 dB, bobot 4 kg
    • Info: Audio Phile, Pasar Mobil Kemayoran, Blok M16, Jakarta Pusat. Telepon (021) 93424248
    • Harga: Rp 1 juta

TW-80FW

    • Spesifikasi: 8 inci, power RMS 250 W, built-in amplifier, volume control, remote control
    • Info: Audio Phile, Pasar Mobil Kemayoran Blok M16, Jakarta Pusat. Telepon (021) 93424248
    • Harga: Rp 1,3 juta

Alpine SWE-1000

    • Spesifikasi: 8 inci, maximum power 150 W, low pass filter 50 Hz-125 Hz, remote control
    • Info: Dynamics Auto Sound, Pasar Mobil Kemayoran, Blok E/1-2, Jakarta Pusat. Telepon (021) 65851055
    • Harga: Rp 2,48 juta

Pioneer TS-WX11A

    • Spesifikasi: Maximum power 150 W, frequency response 54-200 Hz, cone aluminium, mounting kit
    • Info: Dynamics Auto Sound, Pasar Mobil Kemayoran, Blok E/1-2, Jakarta Pusat. Telepon (021) 65851055
  • Harga: Rp 2,5 juta
Cara pasang subwoofer aktif

    1. Cari lokasi yang sesuai dengan ukuran subwoofer aktif. Model boks tipis biasanya bisa ditaruh di kolong jok depan, tapi model tabung yang berukuran besar umumnya ditaruh di bagasi.
    1. Lantai tempat meletakkan sub sebaiknya rata.
    1. Gunakan double tape untuk memasang  subwoofer aktif di lantai mobil. Ada juga yang menggunakan baut atau  bracket khusus bawaan produk subwoofer aktif.
    1. Hubungkan subwoofer aktif dengan kabel RCA. Untuk head unit yang sudah dilengkapi kanal pre-out bisa langsung disambung.
    1. Kalau head unit belum dilengkapi keluaran pre-out, pasang dulu high to low converter baru sambung dengan kabel RCA.
    1. Saat menghubungkan kabel pastikan kutub positif dan negatifnya tidak terbalik. Karena kalau tertukar bisa menimbulkan korsleting.
    1. Kalau subwoofer aktif yang Anda beli dilengkapi dengan pengontrol bass, hubungkan peranti itu. Caranya mudah, tinggal koneksikan kabel pengontrol ke subwoofer aktif.
  1. Oh ya, jangan lupa sembunyikan kabel-kabel RCA dan pengontrol bass di bawah karpet mobil. Ini demi keindahan tampilan kabin.
Komentar
  1. rois mengatakan:

    Yang jual subwooferbactive dynaquest wilayah jakarta dmn ya? Yang 12″ harga berapa?

  2. capung mengatakan:

    thx bro atas infonya n itu sangat membantu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s